Kamis, 25 Desember 2014

Menyusuri keindahan pantai-pantai di Merak Belantung


Sepasang kursi ini menanti kedatangan Anda @Pantai Embe


Potensi wisata bahari di Lampung Selatan terbilang besar. Pantai-pantai cantik dengan segala kemolekannya terpampang begitu nyata. Apalagi saat kita memasuki kawasan wisata bahari di Merak Belantung, kita akan menemui banyak pantai-pantai indah di sana. Pantai dengan ombak-ombak yang tenang hingga besar bisa kita temui. Gubug-gubug nan kokoh yang berdiri di sepanjang bibir pantai menjadi saksi bisu betapa menawannya pantai-pantai di sana. Gunung Rajabasa tampak di hadapan. Gunung yang banyak dikunjungi oleh para pendaki itu tampak gagah dan membuat pemandangan di pantai-pantai Kawasan Merak Belantung itu semakin mempesona. Pantai-pantai di Kawasan Merak Belantung ini terletak dalam satu lokasi dengan infrastruktur yang lancar. Jalanan mulus dan tanpa lubang-lubang ini membuat para pengendara nyaman. Anda bisa mengunjungi satu per satu pantai-pantai ini. Berikut beberapa pantai-pantai cantik yang bisa Anda kunjungi saat berkunjung ke Lampung Selatan, khususnya Desa Merak Belantung Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan.
 
Pantai Bagus

Pantai Bagus terletak di Dusun II Muing Desa Merak Belantung Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan. Pantai ini berjarak sekitar 10km dari pusat Kota Kalianda yang merupakan ibukota kabupaten. Pantai ini terletak paling awal dari jalan utama di Kawasan Wisata Pantai Merak Belantung. Dulunya pantai ini bernama Pantai Pulau Panjang. Namun, sejak tahun 2001 pantai mungil ini berubah nama menjadi Pantai Bagus. Hingga kini masyarakat luas mengenalnya dengan Pantai Bagus. Apalagi saat uini sudah dipasang plang objek wisata yang mengarah pada pantai ini. Para pengunjung dikenai tiket masuk Rp10 ribu sementara untuk pengunjung anak-anak tanpa dipungut biaya (gratis). Berbagai aktivitas pantai mulai dari renang, memancing hingga berjemur bisa dilakukan di sini. Para pengunjung juga bisa menyewa gubung atau pondokan yang tersedia di sini dengan harga Rp10 ribu. Pantai ini juga dilengkapi dengan fasilitas kamar mandi dengan biaya Rp2 ribu untuk bilas. 

Pantai Indah

Pantai Indah mulai dikelola sejak 4 tahun yang lalu, sekitar tahun 2010. Pantai ini memiliki panjang pantai sekitar 1-2 km. Pantai yang juga terletak di Dusun Muing Desa Merak Belantung ini menawarkan pemandangan alamnya. Pantai dengan ombak tenang ini nyaman untuk renang maupun aktivitas bahari lainnya. Pantai ini biasanya ramai saat akhir pekan maupun libur panjang tiba. Setiap pengunjung dikenai tarif Rp20 ribu saat memasuki pantai ini. Pantai Indah terletak tak jauh dari Pantai Bagus. Hanya berjarak sekitar 1-2 km saja.

Pantai Embe

Pantai Embe bisa dikatakan sebagai adik dari Pantai Grand Elty. Kontur pantai dan pasirnya hampir sama dengan kawasan Pantai Grand Elty yang dulu bernama Kalianda Resort itu. Kata Embe sejatinya merupakan bahasa gaul sekaligus akronim dari kata MB untuk menyebut Merak Belantung (MB). Pantai ini lumayan tenar karena selain biayanya murah pemandangan yang ditawarkan juga sangat indah. Pantai ini memiliki banyak fasilitas yang bisa dinikmati para pengunjung. Pantai ini hampir setiap hari didatangi wisatawan. Biasanya para pengunjung bermain pasir di sekitar area. Pasalnya pasir-pasir di pantai ini sangat lembut dan berwarna putih halus. Maka tak mengherankan pantai ini menjadi incaran banyak wisatawan.

Pantai Tanjung Beo

Memasuki Pantai Tanjung Beo kita akan dibawa menuju private beach. Sebuah pantai dengan konsep alami yang begitu memanjakan para pengunjung. Barisan gubug-gubug mungil akan menyambut para pengunjung saat tiba di pantai ini. Setiap pengunjung dikenai biaya Rp10 ribu jika ingin memasuki Pantai Tanjung Beo ini. Menurut M. Syafei penjaga Pantai Tanjung Beo mengatakan konon dulunya kawasan pantai ini banyak dijumpai Burung Beo. Namun, karena perburuan akhirnya burung beo tidak bisa kita temui lagi di sini. 

Pantai Sapenan

Kata sapenan dalam Bahasa Lampung berarti mumpung. Pantai ini mulai dibuka tahun 1990. Namun, pantai ini baru direnovasi dan ramai dikunjungi wisatawan sekitar tahun 2000. Sebagian kawasan Pantai Sapenan merupakan daerah berkarang. Namun, ada spot yang bisa digunakan untuk renang di sini. Seperti halnya pantai-pantai lainnya yang terus berbenah, pantai cantik ini juga masih terus dikembangkan. Pantai dengan pasir putih serta pepohonan yang rindang cocok untuk wisata bersama keluarga Anda. Pantai ini sangat rekomendid untuk akhir pekan maupun liburan Anda bersama keluarga. 




Pantai lainnya yang bisa Anda kunjungi diantaranya Pantai Grand Elty. Selain itu ada juga Pantai Marina yang sudah ditutup. Berdasarkan informasi warga setempat, konon pantai itu akan dibuka kembali. Demikianlah pantai-pantai cantik di Kawasan Merak Belantung semoga semakin menambah wawasan Anda seputar pariwisata di Lampung. 

1 komentar:

  1. malam admin,, mau tanya,, kalo di pantai EMBE itu ada penginapan tidak?? yang murah2 gitu,, kisaran harganya berapaan ya kalo boleh tau?? rencana mau kesana backpackeran sama2 teman kuliah nginep semalam, atau ada penyewaan tenda mungkin atau bgmna ya kalo mau nginep disana??

    BalasHapus

Pages