Senin, 18 Agustus 2014

Objek Wisata Lembah Hijau, Sepenggal surga di bumi Lampung



Kambing Gunung tampak berdiri diantara bebatuan buatan di Objek Wisata Lembah Hijau


Taman Wisata Lembah Hijau berlokasi di Jalan Radin Imba Kesuma Ratu, Kampung Sukajadi, Kelurahan Sukadanaham, Kecamatan Tanjung Karang Barat, Bandar lampung. Kini taman wisata yang asri dan alami ini menjadi salah satu objek wisata andalan Lampung. Taman Wisata Lembah Hijau ini merupakan perpaduan taman rekreasi pegunungan dan area satwa yang menempati suatu area berbukit, lembah serta wahana air. Salah satu wahana yang disediakan yakni water boom dengan kedalaman mulai dari 0,6-1,5 meter. Memasuki kawasan objek wisata ini Anda akan disambut dengan gapura khas Lampung dengan ornamen siger (mahkota khas Lampung) pada bagian atasnya. 

 
Gapura pintu masuk Lembah Hijau dengan ornamen Siger


Pagi itu tampak ratusan pengunjung yang memenuhi sebuah wahana air di bilangan Sukadanaham, Bandar Lampung. Mereka tampak asyik bermain dengan air. Ada yang hanya berenang, jalan santai menikmati pemandangan, menaiki wahana air berupa perosotan super besar hingga hanya sekedar duduk-duduk santai. Itulah aktifitas yang dilakukan olah para pengunjung di Taman Wisata Lembah Hijau. Selain memenuhi arena waterboom, pengunjung juga banyak yang memenuhi wahana-wahana lainnya seperti bom-bom car, kereta mini, pentas satwa, wahana rumah hantu, taman satwa dan burung hingga restoran dan kafe. Para pengunjung tampak menikmati liburan mereka. tidak hanya warga yang berasal dari sekitar Bandar Lampung saja, namun banyak juga pengunjung yang berasal dari luar daerah. Maka tak mengherankan jika kini Objek Wisata Lembah Hijau menjadi salah satu objek wisata andalan di Lampung. 

Selain menyuguhkan pemandangan alam yang begitu asri di sini juga banyak sekali wahana-wahana yang disediakan untuk para pengunjung. Menurut Irwan Nasution selaku owner Taman Wisata Lembah Hijau mengatakan bahwa Lembah Hijau menyediakan berbagai macam wahana baru untuk masyarakat Lampung. 

 
Waterboom yang banyak diminati para pengunjung

Waterboom di Objek Wisata Lembah Hijau dilengkapi dengan water splash dan sebagai tempat bersantai banyak pondokan yang tersedia. Wahana yang satu ini juga dilengkapi dengan twins boomarang setinggi 28 meter dan panjang 160 meter. Ini merupakan boomarang yang paling panjang untuk wilayah Sumatra. Anda tak perlu khawatir soal keamananya, karena wahana ini dilengkapi dengan kamera CCTV. Di area waterboom ada empat kolam utama dan satu kolam arus, spiral slide, torpedo slide, water splash pada kolam anak, gelas tumpah, pancuran bunga matahari, dan kuda laut serta water canon.


 
Gelas tumpah menjadi incaran para pengunjung di arena waterboom



Water slide merupakan perosotan yang tinggi dengan menggunakan pompa air untuk menaikkan air ke puncak dan mengalirkannya ke perosotan. Water slide pada taman lembah hijau mempunyai dua buah perosotan berturut-turut bernama torpedo slide dan spiral slide yang ujungnya berakhir di dua kolam berbeda yang berdekatan. Spiral slide adalah yang tertinggi dan terpanjang. Torpedo slide relatif landai dengan ketinggian sekitar dua lantai. Ketika turun di perosotan ini Anda akan meluncur lurus dan berayun dua kali sebelum menyentuh permukaan air kolam. Torpedo slide ini lebih menantang, karena mempunyai jalur meluncur yang melingkar-lingkar hingga ke bawah kolam. Ketinggian spiral slide mencapai tiga lantai dan bisa dinaiki dari menara yang sama dengan torpedo slide.



Kolam arus, gelas tumpah dan Spiral slide tampak memenuhi arena waterboom


Tidak hanya itu, Taman Wisata Lembah Hijau juga dilengkapi dengan outdoor activity untuk outbond, seperti fying fox, rumah orang utan dan lainnya. Wahana ini bisa digunakan baik untuk orang dewasa maupun anak-anak serta dilengkapi dengan restoran yang siap menggoyang lidah Anda. Untuk para wisatawan dari luar daerah juga disediakan cottage yang bisa disewa kapan saja. Taman Wisata Lembah Hijau juga dilengkapi taman flora dan fauna yang berasal dari berbagai negara. Beberapa binatang khas seperti Kasuari, Kambing Gunung Afrika dan berbagai binatang lainnya juga ada di sini. 


 
Aneka wahana yang berada di area outbond bagian depan dekat pintu masuk


 
Rusa tutul dari Bogor berada di area kandang rusa sepintas mirip dengan tanah di daerah Nusa Tenggara Timur


Rusa Bawean dari Pulau Bawean, Jawa Timur sepertinya sadar kamera, hehehe


Taman Wisata Lembah Hijau juga bisa dijadikan sebagai wisata edukatif, di sini bisa dijadikan sebagai wahana pembelajaran anak dalam menggali jenis jenis satwa dan tumbuhan. Bahkan, kini ada pentas satwa yang bisa dinikmati oleh para pengunjung dengan durasi waktu sekitar 30-45 menit. Para pelatih satwa ini merupakan putra-putra terbaik asli Lampung yang dididik dengan standar internasional. Pentas satwa ini merupakan, pentas satwa satu-satunya di Sumatera. “Ini merupakan wujud kecintaan kami kepada masyarakat Lampung, supaya pengunjung tidak jauh-jauh ke Jawa untuk liat pentas satwa,” kata Irwan.



Spanduk Pentas Satwa


Arena pentas satwa untuk memanjakan para pengunjung, pertama di Sumatera lohhh


Taman Wisata Lembah Hijau juga ditunjang dengan beberapa fasilitas guna menghibur masyarakat seperti naik onta Arab, berkuda, berjalan menyusuri rute paving block, pondokan-pondokan untuk berteduh hingga pohon yang begitu rindang untuk berteduh. Semua fasilitas penunjang ini disuguhkan agar para pengunjung betah dan bisa menikmati masa-masa liburan. Taman seluas 30 hektare ini juga dilengkapi dengan aula yang bisa disewa untuk berbagai acara. Mulai dari acara raisan keluarga, pernikahan, reuni hingga acara-acara kantor lainnya. Bagi para pengunjung muslim tak perlu khawatir untuk beribadah. Ada masjid yang terletak di dekat pintu masuk serta ada beberapa musola yang terletak di dalam arena. 


 
Cottage yang bisa disewakan para pengunjung


 
Restauran yang siap memanjakan lidah Anda


 
Meja makan dan kursi berbaris rapih siap menemani Anda hehehe


 
Ada 4 dimensi juga loh buat yang suka nonton film, hehehe


Taman Wisata Lembah Hijau juga menyuguhkan koleksi aneka burung yang bisa Anda jumpai di dekat arena pentas satwa. Burung-burung yang terbang bebas bisa Anda liat secara langsung. Bahkan, ada beberapa burung yang tampak jinak namun tetap lincah. Jika Anda berkunjung ke taman burung ini maka itu sudah termasuk tiket masuk pentas satwa yang cukup Anda tebus dengan uang sebesar Rp 25ribu. Selain taman burung beberapa binatang lainnya juga bisa Anda lihat di sini seperti beruang madu, binturong, buaya irian, babi hutan, banteng jawa, kijang dan lain sebagainya. Anda bebas menikmati wahana ini selama yang Anda inginkan. Fasilitasnya pun modern dan dipadu dengan nuansa tradisional nan alami.


 
Beruang Madu menyambut kedatanganku, hehehee

 
Burung Pelican, tampak asyik berbaris rapih

 
Burung Merpati tampak memenuhi jembatan besi di dalam area taman burung

 
Si Kuning tampak terbiasa berhubungan dengan manusia, walau difoto sedekat apapun tetap saja tidak takut

 
Burung Merak Hijau, satwa khas Indonesia yang kian langka


Beberapa wahana buatan lainnya yaitu rumah hantu. Jika Anda ingin menguji nyali Anda maka salah satu wahana yang bisa Anda nikmati yakni rumah hantu. Burung hantu tampak menjadi bagian pintu pada sebuah bangunan serupa kastil eropa di tengah-tengah taman wisata ini. Ada sekitar enam kereta yang siap mengantar Anda memasuki wahana yang dimodifikasi dengan berbagai jenis hantu ala Indonesia di dalamnya. 

 
Wahana baru di Lembah hijau, Rumah Hantu

Kereta akan berjalan lambat menyusuri gang-gang kecil di dalam arena. Sesekali suara-suara menyeramkan tampak terdengar. Hantu-hantu serupa di Indonesia juga tampak memenuhi ruangan yang begitu gelap. Namun, Anda bisa menikmati wahana ini dengan merogoh kocek sebesar Rp 15ribu per orangnya. Para pengunjung tampak menikmati suasana yang mendebarkan dan penuh tantangan itu.

 
Para pengunjung bersiap memasuki area rumah hantu menggunakan kereta mini


Selain itu ada juga bom-bom car, satu-satunya wahana yang ada di Lampung. mungkin kita bisa menemui bom-bom car di mal-mal tertentu di Lampung, namun itu pun arenanya sangat sempit. Lembah Hijau menyughkan wahana bom-bom car dengan arena yang luas dan nyaman. Bagi pengunjung anak-anak di dekat wahana bom-bom car ada kereta mini yang untuk anak-anak. Kedua wahana ini dibanderol Rp 15ribu per orangnya dengan durasi sekitar 5-10 menit. 

 
Bom-bom Car siap membawa Anda beradu trek di area ini

Kereta mini khusus anak-anak,, seru ya, hehehe



Ada juga komedi putar yang siap membuat Anda berpusing-pusing ria namun tetap santai dan asyik. Wahana ini banyak digemari oleh anak-anak, namun, tak jarang terkadang orang tua pun turut dalam wahana ini. Untuk menikmati wahana ini Anda harus membayar Rp 15ribu per orangnya. Nah, jadi saat Lebaran nanti, Anda bisa memilih Lembah Hijau sebagai salah satu taman wisata yang bisa Anda kunjungi. Tabik



Komedi Putar dengan aneka jenis binatang siap membaw Anda berputar-putar ria, hehehe









0 komentar:

Posting Komentar

Pages